Pentingnya branding usaha Anda dalam memperkenalkan merek Anda di masyarakat




Mungkin sudah banyak orang mengulas mengenai pentingnya branding untuk usaha Anda. Ya, Anda bisa menemukan banyak materi pada ulasan artikel yang ada di dunia maya ini. Disini kami mencoba untuk menambahkan khasanah wawasan bagi Anda dalam ilustrasi contoh yang berbeda.

Mengapa penting membranding usaha Anda?




Dengan melakukan branding atau membuat merek usaha tentunya hal tersebut akan menjadi salah satu pembeda kita dengan pesaing kita yang lainnya. Banyak sekali orang yang menyediakan jenis barang atau jasa yang sama dengan yang kita sediakan tetapi apa yang bisa menjadi pembeda kita dengan yang lainnya? Ya, orang akan mengenal nama kita terlebih dahulu yang kemudian diikuti dengan mengenal siapa kita.

Nama itu sangat penting dalam usaha Anda, dengan nama tersebut pastinya orang akan mengenal siapa kita dan membedakan kita dengan orang lain yang memberikan jasa atau produk serupa dengan yang kita miliki. Itulah yang dinamakan dengan positioning. Sekarang bagaimanakan positioning yang kita mau? Apakah kita ingin dikenal dengan nama yang baik atau nama yang buruk?

Misalkan kalau kita mengetahui positioning produk China pada era tahun 90an, itu lebih kepada yang harganya murah dengan kualitas seadanya. Oleh karena itu orang mengenal produk China sebagai produk yang jelek tapi memberikan harga yang murah. Cocok buat Anda yang membutuhkan barang yang cukup sekali pakai atau tidak untuk jangka panjang. Tetapi tidak cocok jika Anda ingin produk tersebut bisa digunakan hingga jangka pendek. Ternyata dalam jangka panjang, hal ini menjadi branding untuk China sendiri bagaimana produk China dikenal sebagai produk yang “jelek” walaupun saat ini tidak bisa kita katakan demikian.

Untuk mengubah persepsi orang ternyata akan lebih sulit dibandingkan dengan kita membangun reputasi bisnis dari awal. Oleh karena itu dari saat ini Anda harus membangun konsep mengenai reputasi seperti apa perusahaan Anda. Positioning yang bagaimana yang ingin Anda tempatkan di mata masyarakat? Tentunya hal tersebut dalam jangka panjang akan mempengaruhi bagaimana persepsi secara jangka panjang masyarakat terhadap produk Anda.

Pentingnya logo atau simbol

Merek itu bisa direpresentatifkan dengan logo atau simbol dari suatu produk/jasa/organisasi non profit. Kalau kita bicara mengenai logo atau simbol kita bisa mengambil contoh mengenai simbol LGBT yang sedang marak dikumandangkan di berbagai belahan dunia saat ini. Mengapa simbol tersebut seperti penting? betapa tidak simbol tersebut merupakan arti bahwa eksistensi LGBT ada di seluruh dunia. Dan pentingnya simbol adalah dalam rangka penetrasi “pasar budaya” yang tadinya tidak mau dan menolak bagaimana dengan sedikit demi sedikit bisa dikikis dan masyarakat menjadi permisif.

Mungkin cerita tersebut terkesan negatif ya, tapi tidak bermaksud demikian. Maksud dari pelajaran tersebut adalah bagaimana kita bisa mencontoh LGBT tadi dalam hal memasarkan produk kita. Kita tidak usah khawatir, apalagi jika kita memang memiliki produk yang tidak bertentangan dengan sesuatu apapun seperti budaya, agama, suku, dan lain sebagainya. LGBT tadi saja yang jelas-jelas banyak bertentangan dengan budaya maupun agama masih berani untuk tampil mencoba memaksakan pahamnya dan melakukan dakwah seluas-luasnya untuk masyarakat agar barang dagangannya laku. Mengapa kita harus takut?

Nah, sesuai dengan sub judul di atas pentingnya simbol usaha kita untuk menunjukkan eksistensi usaha kita di mata masyarakat. Oleh karena itu bagaimana seluas-luasnya orang bisa mengenal siapa kita melalui brand logo yang banyak terpasang dimana-mana. Nah, sekarang bagaimana kita bisa meluaskan simbol usaha kita ke berbagai lapisan masyarakat atau yang sesuai dengan target pasar kita.

Saat ini Anda bisa dengan mudah melakukan proses “awareness” terhadap brand usaha Anda dengan melalui marketing online. Mengapa marketing online? Dikarenakan membutuhkan biaya yang lebih mudah dan juga dengan nilai yang lebih bisa terukur dibandingkan dengan offline. Pada fase memberikan perhatian ini memang terkesan tidak penting dan menghabiskan banyak biaya, tetapi sebenarnya hal tersebut sangat berefek pada jangka panjang terhadap brand usaha Anda. Dengan adanya pengingatan secara terus menerus tentunya akan memberikan persepsi yang baik di benak pikiran Anda yang dalam jangka panjang produk Anda akan dengan mudah diingat oleh banyak orang dan tidak membutuhkan banyak marketing lagi.

Demikian ulasan singkat mengenai tajuk marketing, jika Anda ingin berdiskusi mengenai marketing lebih lanjut bisa meninggalkan pada kolom komentar Anda.




PT Dayana Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *